Selasa, 10 Februari 2015

Para Peneliti Sukses Membuat Replika Tongkat Golf Dengan Printer 3D


3D Printer lagi-lagi memberikan manfaat yang sangat penting.Para peneliti di Dundee telah menciptakan replika dari sebuah tongkat golf berusia 125 tahun dalam bentuk hasil cetak 3D. Anggota divisi “Dundee University’s Mechanical and Electrical Engineering” dan “St Andrews Golf Company” membuat salinan logam dari tongkat golf bersejarah tersebut.
Di St Andrews, tim membuat replika dari 2 tongkat golf bersejarah yang dipinjamkan oleh “British Golf Museum”. Diharapkan proyek ini akan membantu melindungi tongkat golf peninggalan sejarah yang sudah langka dan kuno.

Usaha pembuatan replika tongkat golf ini harus dilakukakan di beberapa tempat berbeda. Pada mulanya, kepala besi tongkat golf berusia 125 tahun itu di-scan di Dundee, dicetak di Jerman dan dibor di Glasgow sebelum diselesaikan di St Andrews. Proyek ini menandai pertama kalinya kepala tongkat golf logam telah diciptakan menggunakan printer 3D.

Grant Payne dari “St Andrews Golf Company” berharap tongkat golf replika dapat digunakan sebagai alat bantu mengajar di museum dan daerah-daerah lain di dunia untuk bisa dijadikan pembelajaran tentang sejarah tongkat golf.

“Mempelajari evolusi tongkat golf adalah salah satu cara terbaik untuk belajar tentang sejarah permainan ini, kedua tongkat kami terlilihat sangat menarik karena mereka berasal dari waktu yang dikenal sebagai era penemuan permainan golf, ketika olahraga seperti yang kita kenal sekarang benar-benar menjadi ada dan cukup populer.” Tutup Grant Payne.

Kedua tongkat golf yang dibuat oleh tim universitas adalah “President” water iron, yang dibuat pada tahun 1885 di Edinburgh. Dan “rake iron” dibuat kembali pada tahun 1890, “Rake Iron” ditemukan oleh seorang dokter mata di daerah Montrose, yang mungkin sudah jenuh dengan banyaknya kedatangan para pemain golf yang matanya harus diberikan perawatan medis karena kemasukan pasir saat mengayunkan tongkat golf. Pada prosesnya sang dokter menciptakan tongkat golf yang dirancang untuk mengurangi “pecahan pasir” saat tongkat golf diayun. Kepala tongkat di-scan dengan scanner 3D di Dundee University, sebelum data itu dikirim ke Perusahaan Jerman bernama EOS. Di Jerman, proses cetak replika tersebut menghabiskan 29 jam, prosesnya sendiri disebut “metal laser sintering”.

0 komentar

Posting Komentar