Selasa, 10 Februari 2015

Hasil Cetak Printer 3D Menggunakan Bahan Silikon



Dalam kurun waktu ± 1,5 tahun belakangan ini, Rachel Park -Kepala Editor 3DPI-  sibuk mengadakan penelitian dengan tim di Fripp Design and Research, sebuah praktisi desain terkemuka di bidang industri dan juga desain produk di Inggris, yang telah mengembangkan pembangunan platform cetak 3D baru, khususnya untuk mencetak dengan bahan silikon. Walaupun saat itu belum ada perjanjian tertulis tentang proyek itu, Rachel Park tetap memberikan masukan ke tim peneliti. Hingga akhirnya tim peneliti dari Fripp Design and Research menghubungi Rachel untuk datang ke Birmingham, dimana akan diadakan acara pameran 3D printer yang digelar oleh TCT magazine, untuk melihat “versi beta” 3D printer tersebut dan mereka ingin membahas beberapa hal tentunya. Tentunya dengan harapan teknologi 3D printer dengan penggunaan material silikon bisa segera didistribusikan secara luas pada tahun 2015.


Tom Fripp, Direktur Fripp Desain dan Riset berkomentar: “Kami telah menghabiskan 18 bulan terakhir untuk pengembangan 3D Printing Silicone.” Tom Fripp juga berterimakasih atas jerih payah tim selama ini, kini sudah mulai diproduksi massal dibawah merek perusahaan Picsima. Fripp Design and Research akan menampilkan berbagai model hasil cetak 3D untuk menunjukkan fleksibilitas dan kemampuan teknologi baru 3D print silicone menjelang peluncuran layanan ini.

Tom Fripp melanjutkan: “Karena kita menggunakan silikon yang tersedia secara umum, kami menciptakan hasil cetak 3D dengan Karakteristik bahan yang disediakan oleh produsen sumber, tanpa harus membuat cetakan ataupun vakum cor; kita hanya mencetaknya untuk kebutuhan 3D, semudah itu. Kesimpulan akhir, kita berhasil mendapatkan hasil cetak 3D yang sangat lembut, sangat tahan lama dan bisa disterilkan jika diperlukan. Sehingga untuk saat ini, kami memakai bahan cetak yang lebih ekonomis Dibandingkan dengan teknologi pencetakan 3D berbasis polimer lainnya; apakah ada yang perlu melemparkan silikon lagi? ” lau fripp juga melanjutkan “Seperti semua proyek desain industri kami, umpan balik klien merupakan elemen penting dari sebuah proyek yang sukses. Acara yang diadakan oleh TCT adalah kesempatan yang fantastis bagi kita untuk menunjukkan bagian-bagian tes produk sehingga kita dapat mengukur respon dari industri percetakan 3D karena kami terus ingin terus mengembangkan industri ini ke arah yang lebih baik dan lebih luas.”

0 komentar

Posting Komentar