Selasa, 27 Januari 2015

Kreatif! Bocah 12 Tahun Bikin Printer Braille dari Lego


Meski masih berusia muda, Shubmam Banerjee ternyata memiliki pemikiran yang melebihi usianya. Di usianya yang 12 tahun, ia telah berhasil membuat printer braille. Printer tersebut dinamakan dengan Braigo.


Braigo merupakan printer yang terbuat dari potongan mainan Lego yang tersusun apik. Tidak akan ada yang menyangka, jika 'mainan' buatan Banerjee adalah sebuah printer braille, seperti yang ditulis Cnet.

Untuk membuatnya, Banerjee mengambil dasar pola printer yang telah ada, selanjutnya ia membuat pola yang serupa dengan menggunakan sebuah software. Sedangkan untuk mencetak huruf, dirinya menggunakan bantuan hardware. Hasil tulisan yang keluar dari printer inilah yang dinamakan dengan Braigo.

Kreasi bocah keturunan India ini berawal saat dirinya menghadiri science fair dan melihat sebuah printer braille denganharga yang cukup mahal, yaitu US$ 2.000 (sekitar Rp 23,6 juta). Sepulangnya dari acara tersebut, Banerjee langsung memikirkan beragam cara untuk menciptakan sebuah printer.

Imajinasinya berujung pada mainan Lego. Ia segera berangkat ke toko ritel Home Depot dan membeli satu set mainan Lego Mindstorm EV3 seharga US$ 350 (Rp 4,14 juta). Dari mainan tersebutlah, sebuah printer braille  tercipta dengan sempurna.


Untuk printhead, Banerjee  menggunakan mata bor kecil dan pensil mekanik,  namun karena hasil yang tidak maksimal, ia pun akhirnya memilih paku sebagai printhead. Prototipe pertama memang tidak jadi dengan cepat, namun hal itu telah membuktikan konsep karyanya. Banerjee terus membuat perbaikan yang memungkinkan printer ini untuk mencetak halaman penuh teks.

Anak kelas tujuh ini berharap, Braigo akan berguna untuk mempermudah aktivitas bagi mereka yang membutuhkannya, serta harga yang murah yang diharapkan dapat dibeli oleh semua lapisan masyarakat. Saat ini Banerjee masih terus mengembangkan dan memperbarui proyeknya ini.


0 komentar

Posting Komentar