Jumat, 06 Februari 2015

Tips Cermat Membeli Printer INKJET Untuk Di RUMAH


Halo sobat!

Saya mau bahas tips membeli Printer INKJET ni. Printer INKJET itu apa si? Printer yang bahasa sederhananya printer pakai tinta(cairan) bisa hitam putih dan berwarna. Nah biasanya printer ini tu ada di rumah-rumah, kantor kecil bahkan kantor yang besar.

Kalau mau beli Printer biasanya lihat apanya si? Terus pas engga ya dengan kebutuhan? Nah disini saya mau memberikan tips berdasarkan pengalaman pribadi ya.

Yang perlu diketahui Printer INKJET

  1. Printer harus sering dipakai kalau tidak kering
  2. Penggunaan infus pada satu Printer dapat menyebabkan umur printer berkurang
  3. Penggunaan kertas disarankan tidak memakai kertas bekas yang sudah sobek, lecek, terlipat, dan ada hekter atau paperclipnya.
  4. Jika sudah tidak dipakai lama segera cleanning untuk memastikan print head printer masih dalam keadaan bagus atau tidak.
  5. Tutup printer agar tidak berdebu.
  6. Maintenance lah printer kamu seminggu sekali atau 2 minggu sekali (bersihkan, cleaning, dll) .


Tips memilih Printer INKJET

1. Pilih Printer yang single Fungsi (satu Fungsi) atau Multifungsi

Nah disini menentukan apakah kedepannya sobat mau pakai yang satu fungsi atau satu mesin banyak fungsi. Kalau dilihat trend nya satu mesin banyak fungsi lagi digandrungi kayak smartphone 1 hp bisa semuanya. Bukannya printer all in one / multifunction cepat rusak? Kalau ini si saya bilang tergantung pemakai dan keberuntungan pemakai ya. Tapi saya pakai selama ini normal-normal saja.

2. Jika sudah menentukan cari beberapa brand Printer untuk di bandingkan, sesuaikan dengan budget.

Ada beberapa brand pilihan buat sobat ada BROTHER, CANON, EPSON, HP yang sedang trend sekarang. Cari kisaran harganya dan masukan ke list anda terlebih dahulu.

Budget Ideal Printer di rumah kisaran antara Rp. 500.000 – Rp. 2.000.000.

3. Cek spesifikasinya mulai dari kecepatan, koneksifitas, resolusi, ukuran kertas, teknologinya.
  • Kecepatan : disini berhubungan dengan PPM (pages per menit) berapa menit kamu mau cetak.1 lembar 1 menit? atau 1 lembar 1 detik? Maki besar ppm nya makin cepat cetaknya. Lihat kecepatan pada ISO print speed (Laser comparable).
  • Koneksifitas : Standartnya printer untuk koneksinya memakai USB. Nah di jaman sekarang Printer yang sudah bisa jaringan juga sudah banyak. Jadi sobat tidak perlu memakai USB untuk print hanya pakai jaringan Wireless atau LAN. Lebih mudah kan?
  • Resolusi : ini berpengaruh terhadap kepekatan gambar sewaktu kamu mau mencetak. Resolusi ini lebih kelihatan jika sobat mencetak gambar berwarna full 1 halaman, semakin besar semakin detail terhadap gambarnya. (Gambarnya pun harus punya pixel yang besar).
  • Ukuran Kertas : A4, F4, A3 (ukuran standart disini). Cari Printer yang sesuai dengan kebiasaan kertas yang kamu pakai mencetak.

4. Cari harga tinta dan kapasitas tintanya

Ini sangat berpengaruh terhadap biaya yang akan sobat keluarkan. Misal harga tintanya Rp. 99.000 bisa cetak 2400 lembar berarti biaya per lembarnya Rp. 42. Nah disini kan sobat bisa mengira-ngira jika sobat cetak dokumen 5000 lembar berarti biaya yang dikeluarkan Rp. 5.000×42 = Rp. 210.000 jadi 3 catridge 2400×3 = 7200 lembar.


5. Lihat garansinya dan yang pasti review di internet.
Warranty alias Garansi, barang yang sobat beli itu bergaransi atau tidak, garansi menurut saya adalah untuk ketersediaan cadangan sparepart sewaktu rusak. Garansi rata-rata minimal 1 tahun ya.

Untuk review bisa sobat lihat di forum kaskus, chip, atau google.

6. Jika sudah membeli Printernya jangan lupa untuk merawatnya.

Semoga tips yang diberikan dapat dicerna dengan baik. Jika ada yang mau menambahkan bisa mengisi kolom comment dibawah ya nanti saya masukan ke atas jika betul ya.


Dapatkan Printer Inkjet terbaru lainnya disini!

0 komentar

Posting Komentar