Jumat, 06 Februari 2015

Ini Dia Printer 3D Cetak Es Krim Yang Unik

PRINTER 3D memang menjadi salah satu terobosan yang mendorong perkembangan berbagai bidang mulai dari medis hingga robot. Namun bukan berarti printer 3D tidak boleh digunakan untuk hal-hal yang menyenangkan.

Lihat saja hal yang dilakukan oleh para mahasiswa Massachusetts Institute of Technology (MIT) ini. Tiga mahasiswa ini mencetak es krim dengan teknologi yang cukup canggih ini seperti yang diberitakan oleh TechCrunch.

Sebelumnya memang sudah ada yang mencetak berbagai bentuk permen dengan printer 3D. Namun mencetak es krim lebih sulit mengingat wujudnya yang rawan berubah pada kondisi tertentu.

Ketiga mahasiswa ini menggunakan mesin pembuat es krim Cuisinart dan printer Solidoodle. Cara kerjanya terbilang sederhana: printer ini dibentuk secara khusus untuk ditempatkan di dalam freezer dimana bahan es krim ditempatkan dan kemudian sejumlah nitrogen cair ditembakkan ke bahan es krim itu. Dengan demikian, bentuknya akan tetap padat selama proses 15 menit yang dibutuhkan untuk membentuk es krimnya.

Keunggulan dari sistem ini adalah tidak terbatasnya bentuk yang diinginkan dalam membuat es krim. Tak hanya itu, sistem ini memungkinkan untuk mencetak sebuah es krim berbentuk unik dalam waktu yang sangat singkat, dibanding proses printer 3D umumnya yang membutuhkan waktu sangat lama sehingga mustahil untuk membentuk es krim.

Untuk sementara ini memang belum ada bentuk komersialisasinya, namun peluang bisnisnya tampak sangat cerah terutama bila nama besar seperti Baskin-Robbins atau Dairy Queen ingin menerapkannya.

0 komentar

Posting Komentar