Sabtu, 31 Januari 2015

Tips Memilih Tinta Printer Yang Bagus



Pemilihan tinta merupakan hal yang harus dilakukan dengan sangat teliti, karena kualitas tinta yang digunakan akan sangat berpengaruh pada hasil cetak bahkan pada printer yang bersangkutan. Penggunaan tinta yang kurang tepat bisa menyebabkan head pada printer menjadi cepat rusak. Rusaknya head bisa disebabkan tinta yang terlalu encer atau bahkan terlalu kental yang nantinya bisa menyumbat pada bagian head printer. Untuk mencegah hal tersebut berikut terdapat beberapa tip memilih tinta yang tepat.

Gunakan tinta asli

Sebaik-baiknya tinta adalah tinta asli, meskipun harganya relatif lebih mahal tinta asli memiliki keenceran dan kualitas yang sudah disesuaikan dengan jenis printer yang digunakan. Adapun hasil cetak yang didapat, tinta asli akan menghasilkan cetakan dengan kualitas terbaik dan akan sangat berbeda apabila menggunakan tinta lokal yang cenderung menghasilkan kualitas cetak yang sedikit pudar.

 

Perhatikan merk tinta

Pilihlah tinta dengan merk yang sudah ternama dengan kualitas yang sudah terjamin, ini bisa mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi pada printer yang digunakan. Pemilihan merk ternama juga akan memudahkan pengguna ketika akan mengisi ulang tinta kembali, karena biasanya tinta yang sudah ternama tidak akan sulit ditemukan. Perlu diperhatikan, sebaiknya tinta yang digunakan tidak berganti-ganti merk karena bisa menyebabkan kerusakan pada printer yang digunakan.

 

Pilih tinta dengan tingkat keasaman rendah

Tinta dengan keasaman yang tinggi bisa menyebabkan pengendapan pada head dan bisa berujung penyumbatan. Untuk menghindari hal tersebut pilihlah tinta dengan tingkat keasaman yang rendah. Untuk mengetahui tingkat keasaman tinta dengan mudah bisa dilakukan dengan cara meneteskan tinta kedalam air mineral. Apabila tinta pada air menieral tinta menyebar tak beraturan dan tidak bersatu dengan partikel air, sudah dipastikan tinta tersebut memiliki keasaman yang tinggi. Sedangkan apabila tinta yang diteteskan pada air mineral bersatu dengan partikel air dan membentuk lingkaran penuh berarti tinta yang bersangkutan memiliki keasaman yang rendah.

Demikian beberapa Tips Memilih Tinta Printer Yang Bagus , semoga bisa bermanfaat. Sekali lagi, hindari penggunaan merk tinta yang bebeda untuk mencegah kerusakan pada printer yang digunakan. Terimakasih :)

0 komentar

Posting Komentar